UNIVERSITAS LAMPUNG

PENDIDIKAN FISIKA

I Putu Yogi Setia Permana
1613022013

Jumat, 22 Desember 2017

Energi Nuklir

Energi Nuklir

bom atom hiroshima

Sumber Gambar: http://goo.gl/es1g9P

Masih ingatkah teman-teman tentang cerita peristiwa meledaknya bom atom pertama di Hiroshima dan Nagasaki Jepang. Bom atom tersebut meledak tepatnya pada tahun 1945. Peristiwa tersebut sangatlah dahsyat dan mengerikan sehingga memakan banyak korban. Dahsyatnya kehancuran tersebut diakibatkan adanya energi yang dihasilkan oleh nuklir. Sebenarnya, apabila nuklir digunakan dengan tepat dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia seperti menghasilkan energi listrik.
PLTN
Sumber Gambar: http://goo.gl/hx2OpQ
Terbatasnya cadangan energi fosil dan terus meningkatnya konsumsi energi di era modern saat ini, membuat manusia berfikir mencari energi terbarukan yang berguna bagi kehidupan mereka kelak. Salah satu energi terbarukan yang diperkirakan bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah energi nuklir. Banyak ilmuwan ahli percaya bahwa energi nuklir dapat diandalkan bagi kehidupan manusia.
PLTN Russia
Sumber Gambar: http://goo.gl/iN5l7A
Berdasarkan jenis reaksi yang digunakan untuk menghasilkan energi nuklir, energi nuklir dibedakan menjadi dua jenis yaitu energi nuklir hasil reaksi fisi dan energi nuklir hasil reaksi fusi. Pada reaksi fisi, satu atom dipecah menjadi dua atom sehingga menghasilkan energi. Seperti bahan bakar yang lainnya, bahan bakar fisi perlu diisi ulang dengan menggunakan Uranium. Persediaan Uranium di Bumi jumlahnya terbatas sehingga setiap penggunaannya harus diperkirakan terlebih dahulu.
proses-reaksi-fisi
Sumber Gambar: http://goo.gl/tkx6Xc
Sementara itu, reaksi fusi terjadi ketika dua atom digabung dan menghasilkan atom yang lebih berat serta disertai pelepasan energi. Bahan bakar fusi adalah hidrogen yang terdapat dalam air laut sehingga dapat diyakini mampu mengatasi kebutuhan energi di masa depan.
Semua pusat listrik tenaga nuklir kebanyakan menggunakan reaksi fisi. Seperti yang dijelaskan dalam kalimat sebelumnya bahwa reaksi fisi membutuhkan Uranium dan Uranium memiliki jumlah yang terbatas. Selain itu, fisi nuklir juga menghasilkan limbah yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, pembuatan energi nuklir dengan efisiensi maksimum menggunakan reaksi fusi adalah dambaan banyak ilmuwan. Apakah teman-teman fisika berkeinginan ke depannya  untuk membangun energi tersebut sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia sekitar?
Kami yakin kalian bisa!!! Oleh karena itu tetap semangat ya untk belajar fisika 😀
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Music

Rating Bintang

Description:
Rating: 4.5
Reviewer:
ItemReviewed:

Cursor

Batman Begins - Diagonal Resize 2

Kalender

Jam Analog

BTemplates.com

Wikipedia

Hasil penelusuran

Recent Posts

Business

Editors Picks

Follow us

Recent Posts

Technology

Sports

Link List

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Technology

Follow Me

Breaking News

Translate

Nature

Comments

Flickr Images

Entertainment

Fun & Fashion

Most Trending

Popular Posts