UNIVERSITAS LAMPUNG

PENDIDIKAN FISIKA

I Putu Yogi Setia Permana
1613022013

Jumat, 10 November 2017

MARI BELAJAR SEJENAK

MARI BELAJAR SEJENAK

SIFAT FISIKA DAN SIFAT KIMIA
(Materi ini cocok untuk SMP Kelas VII)
Ambillah sepotong lilin, catat semua informasi tentang lilin tersebut. Nyalakan lilin tersebut. Amati informasi baru pada saat lilin dinyalakan. Apakah ada perubahan sebelum dan setelah dinyalakan? Catat semua perubahan yang terjadi.
Anda dapat membengkokkan kawat tembaga, namun anda tidak dapat melakukannya pada sebatang lilin. Lilin tidak dapat bengkokkan karena kalau dibengkokkan dia akan patah. Kerapuhan/kegetasan tersebut merupakan salah satu ciri yang menggambarkan lilin. Selain itu, warna dan bentuknya juga merupakan penggambaran lilin. Ciri suatu materi yang dapat anda amati tanpa merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut disebut sifat fisika. Contoh-contoh sifat fisika adalah : warna, bentuk, ukuran, kepadatan, titik lebur dan titik didih. Anda dapat menggambarkan suatu zat menggunakan sifat-sifat fisika. Apakah kamu telah menuliskan sifat fisika lilin secara lengkap?
Beberapa sifat fisika menggambarkan tampak suatu benda. Sebuah paku besi dapat digambarkan sebagai silinder berujung lancip yang terbuat dari bahan padat berwarna kelabu pudar. Dengan mengambarkan bentuk, warna dan keadaan paku tersebut, anda telah mengetahui beberapa sifat fisiknya. Beberapa sifat fisika dapat diukur. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan sebuah penggaris untuk mengukur salah satu sifat paku itu-panjangnya. Sifat fisika paku apa yang diukur dengan timbangan?
Jika kamu mempunyai minuman ringan (softdrink) dalam sebuah gelas, kamu dapat mengukur volume dan suhunya, serta menggambarkan baunya. Masing-masing ciri tersebut merupakan sifat fisika minuman ringan. Beberapa sifat fisika menggambarkan sifat suatu materi atau zat. Mungkin kamu tahu, semua benda yang terbuat dari besi dapat ditarik oleh daya magnet. Daya tarik besi terhadap magnet ini merupakan sifat zat besi. Setiap zat merupakan sifat fisika yang membedakannya dari yang lain.
Share:

1 komentar:

  1. Осплиги овки | titanium max - ронецькиносии овки | titanium max
    Осплиги овки. titanium muffler Осплиги овки. Оплиги ecosport titanium овки. Осплиги. Осплиги titanium mokume gane овки. Осплиги овки. Оплиги sunscreen with zinc oxide and titanium dioxide овки. Оплиги. Оплиги. Оплиги. Опли� titanium bolt

    BalasHapus

Music

Rating Bintang

Description:
Rating: 4.5
Reviewer:
ItemReviewed:

Cursor

Batman Begins - Diagonal Resize 2

Kalender

Jam Analog

BTemplates.com

Wikipedia

Hasil penelusuran

Recent Posts

Business

Editors Picks

Follow us

Recent Posts

Technology

Sports

Link List

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Technology

Follow Me

Breaking News

Translate

Nature

Comments

Flickr Images

Entertainment

Fun & Fashion

Most Trending

Popular Posts